1. Komposer musik kontemporer Indonesia jumlahnya tidak sebanyak komposer musik popular, hal ini disebakan oleh….
A. Karya musik kontemporer tidak memberikan keuntungan apapun bagi Komposer, musisi merasa rugi ketika karyanya sulit dipahami
B. Berkarya musik kontemporer memerlukan perjalanan berkesenian yang panjang, untuk dapat menghasilkan karya yang memiliki konsep, kreatif, inovatif, unik dan baru
C. Karya musik yang ada sudah sangat banyak, sehingga tidak dapat membuat karya yang baru, karena ide yang dilakukan pernah ada sebelumnya
D. Untuk mampu berkarya musik kontemporer harus menempuh pendidikan menengah dan tinggi pada jurusan seni musik.
E. Musik kontemporer bukan media ekspresi yang tepat untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan seniman.
2. Untuk menganalisis musik kontemporer, kita perlu menelaah setiap bagian pada karya musik kontemporer, hal ini bertujuan untuk ….
A. Memahami alur pikiran dan perasaan komposer, dan pesan pada keseluruhan karya.
B. Menelaah latar belakang kehidupan komposer melalui ungkapan ekspresi di tiap bagian karya.
C. Mengkaji apakah karya tersebut dapat dikategorikan sebagai karya musik kontemporer.
D. Menafsirkan latar belakang pendidikan komposer dari detail tiap bagian
E. Membuat data sumber bunyi apa saja yang digunakan sebagai ungkapan ekspresi
3. Biografi komposer adalah bagian penting dalam menganalisis karya musik kontemporer, hal yang dapat kita temukan dalam biografi dan mempengaruhi karya musik komposer adalah….
A. Tanggal dan tahun lahir, karena usia akan akan menggambarkan perjalanan kehidupan seseorang.
B. Nama orang tua, suami/istri dan anak anaknya karena biasanya berkarya untuk orang yang paling dekat dan dikasihinya
C. Tempat lahir akan menunjukan latar belakang budaya yang tumbuh dan mempengaruhi kehidupan komposer.
D. Tempat lahir, tempat tinggal, latar belakang pendidikan dan pengalaman berkesenian akan membentuk karakter dan ekspresi komposer
E. Latar belakang pendidikan menunjukan kapasitas komposer untuk mampu berkarya musik kontemporer atau tidak.
4. Pada kegiatan menganalisis musik kontemporer kita diminta untuk membandingkan beberapa karya musik kontemporer, hal ini bertujuan untuk…
A. Mengetahui komposer yang lebih baik dan benar dalam berkarya musik kontemporer.
B. Membandingkan kwalitas karya musik kontemporer yang satu dan lainnya
C. Memakin dalam mempelajari musik kontemporer dengan lebih detail dari beberapa karya.
D. Mencari komposer yang lebih terkenal, favorit dan lebih diapresiasi masyarakat.
E. Mendapatkan gambaran yang lebih jelas untuk meniru langkah kerja musisi pada saat berkarya.
5. Perhatikan ke dua gambar musisi kontemporer di atas, kedua musisi memiliki ciri khas yang paling menonjol dalam karyanya. Perbandingan yang tepat untuk kedua karya musisi di atas adalah ….
| Gambar A | Gambar B |
a. | Mengunakan alat musik tidak lazim | Memadukan alat musik tradisi dan modern |
b. | Menggunakan idiom tradisi barat | Menggunakan alat musik bambu yang lembut |
c. | Mengusung tema kritik sosial yang lugas dan tegas | Memadukan alat musik tradisi dan modern dan sumber bunyi unik lainnya |
d | Menggunakan alat alat elektrik dengan eksplorasi yang bebas | Menggunakan idiom tradisi barat |
e | Memadukan alat musik tradisi dan modern dan sumber bunyi unik lainnya | Mengusung tema kritik sosial yang lugas dan tegas |
6. Penggunaan instrumen piano untuk menghasilkan bunyi dengan di pukul bagian dawai/badan menggunakan palu, merupakan salah satu teknik dalam berkarya musik kontemporer, tujuan komposer menggunakan teknik tersebut adalah. …
A. mencari warna suara yang sesuai dengan makna yang ingin disampaikan
B. Penggunaan idiom tradisi barat, namundengan teknik tradisional
C. Perpaduan budaya tradisi dan barat, agar berbeda, baru dan unik
D. Peknik permainan yang tidak lazim, untuk proses eksistensi dan identitas komposer
E. Eksplorasi teknik permaian piano, dengan berbagai teknik untuk memperkaya ragam bunyi
7. Dalam berkarya musik kontemporer komposer tidak hanya menggunakan alat musik, teknik, dan teori musik yang ada pada musik tradisional dan musik barat, hal ini di sebabkan karena hal tersebut….
A. Bukan media ekspresi musik kontemporer, dan tidak dapat menghasilkan aspek pembaharuan
B. Tidak dapat digunakan untuk membuat karya yang baru, karena semua hal tersebut di atas sudah ada sejak lama.
C. Belum cukup mewadahi keinginan musisi untuk mengaktualisasi ide dan gagasannya
D. Melanggar kaidah yang ada dalam musik tradisioonal dan musik barat
E. Tidak menarik minat komposer, karena kaku dan baku
8. Jika kita ingin mengaktualisasi suasana hati yang lelah dan bosan terus belajar dari rumah di masa pandemi/darurat bencana, maka media ekspresi yang memiliki makna simbolis dan kuat menggambarkan kondisi di atas adalah menggunakan sumber bunyi…
A. Bantal, guling, kayu tempat tidur, suara gesekan relgorden
B. Meja, bangku, papan tulis, alat tulis, dan sepatu sekolah
C. Aplikasi alat musik digital pada hand phone
D. Alat alat musik yang dapat disewa di studio band
E. Beragam bunyi kayu, kaleng, barang bekas dipadu dengan alat tradisional
9. Jika kalian melihat, karya musik kontemporer yang menggunakan sumber bunyi berupa gelas kristal, sepatu high hells, aplikasi alat musik digital pada hand phone maka tafsiran yang paling tepat untuk alasan penggunaan sumber bunyi tersebut adalah menggambarkan…
A. Kepedihan dan penderitaan
B. Kesederhanaan dan kebahagiaan
C. Kekayaan dan kejayaan
D. Kesenjangan sosial
E. Kekuasaan dan kemunafikan
10. Setelah menganalisis beberapa karya musik kontemporer dari beberapa musisi, karakter karya musik kontemporer yang menjadi gambaran beberapa karya Djadug Ferianto adalah….
A. Minimalis namun syarat makna
B. Berani, kritis dan peduli pada kesenjangan sosial
C. Britis, inovatif, segar dan humoris
D. Melawan arus dan anti kemapanan
E. Mengangkat budaya lokal daerahnya
Kunci jawaban soal
1. B
2. A
3. C
4. C
5. C
6. A
7. C
8. A
9. C
10. C